Seal Delco, penyebab gejala brebet brebet Sopiah.
18.17.00Sudah beberapa bulan ini, Sopiah
mengalami gejala brebet brebet. Gejala muncul kala mesin berputar di
RPM 2000 ke bawah, kalo di atas itu mesin terasa normal. Karena
keterbatasan ilmu, sempet bingung juga penyebab hal tersebut. Ok, otak
coba berfikir, kira kira apa penyebabnya? Dan otak cupu ini memvonis,
sistem kelistrikan dan suplai bahan bakar yang jadi pokok investigasi
heheh..
Mulai dari yang simpel dulu,
ganti busi!. Ternyata hasilnya nihil, coba konsultasi dengan rekan rekan
sesama pengguna Timor di sarankan untuk cek koil, kabel busi, delco dan
filter bensin. Coba cek kabel busi dan koil, ngga nemu tanda tanda
kelainan. Tadinya udah mau beli koil baru, tapi akhirnya di coba bongkar
delco dulu, siapa tahu memang delconya bermasalah. Prinsip ekonomi
berkerja, benerin yang paling murah dulu hehehe…
Ok, akhirnya sabtu kemaren dengan modal nekat dan ilmu dari artikel Mas Moskie ini mulai deh bongkar delco.
Pertama tama lepas dulu kabel koil sama kabel
businya, awas di ingat ingat urutan posisi kabel businya, kalo sampe
ketuker bisa meledak ledak mesinnya hehehe…
Trus lanjut kasih tandai posisi
delco sebelum di lepas, biar nanti pas pasang ngga berubah posisinya.
Soalnya kalo berubah settingan pengapian juga ikut berubah.
Terlihat kalo seal lama udah mengkerut, dan mengeras. Cara lepas sama pasangnya tinggal pake obeng Min aja, di congkel gitu hehehe..:D, murah kok karet seal gini cuma Rp 7.500. Oh ya ini posisi udah di bersihkan ya, tadinya berlumuran oli sama kerak. Tadi di bersihin pake carburator cleaner, tapi kurang maksimal, kerak kerak oli masih nempel. Mungkin bisa maksimal kalo pake sejenis Carbon Cleaner.
Mumpung udah di lepas semua, sekalian di bongkar aja delconya, dan di bersihin cover sama rotor yang di dalem. Siapa tahu rotornya kotor atau malah udah rusak, jadi bisa sekalian di ganti. Buka cover delconya tinggal lepas skrup di sampingnya, ada 2.
Kalo udah lepas di lanjut lepas rotornya, tinggal tarik aja. Sekalian di bersihin.
Trus lepas deh cover yang di dalem, entah apa namanya. Oh ya kebetulan punyaku covernya dah getas, jadi ada beberapa bagian yang pecah, tadinya mau di ganti sekalian tapi barang kosong di toko spare part.
Jangan lupa bersihin sekalian bagian dalemnya. 🙂
Kalo udah bersih, tinggal di rangkai lagi deh. Prosesnya kebalikan dari pas bongkar.
Sebelum di pasang di tempatnya, bersihin juga tempat delco di blok mesin, mumpung di bongkar.
Oh ya, kemaren pas bongkar delco, iseng cek selang radiator atas. Coba di tekan tekan, krenyes krenyes. Eh, udah lembek dan
Tuh kan, udah berkerak hehehe… bersihin dulu sekalian kerak2nya..
Sebelum pasang jangan lupa kasih selai stroberi, eh sealer dulu, biar ngga bocor bocor bocor seperti kata pak Wowo *eh….!!!
Kalo sudah, lanjut deh pasang delco ke tempatnya, trus kabel busi sama koil. Jangan lupa kabel kabel yang lain ikutan di pasang. Kalo udah yakin semua kepasang dengan baik dan benar, langsung deh coba tes nyalain mesin. Eits.. ada yang kelupaan, tambahin dulu tuh air radiator, tadi kan pas lepas selang airnya banyak yang keluar tuh hehehe..
Ok sekian sharing dariku, semoga bermanfaat.
Tetap sehat, tetap selamat di jalan raya.
sumber: biruireng.wordpress.com
0 komentar